Cara Memulai Bisnis Kuliner Dari Nol Yang Laris

By | March 29, 2022

Cara Memulai Bisnis Kuliner Dari Nol Yang Laris – Salah satu peluang usaha yang bisa anda tekuni adalah bisnis kuliner. Bisnis kuliner adalah bisnis yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman. Yang menjadi kelebihan usaha kuliner adalah keuntungan yang didapatkan relatif stabil perharinya.Berdasarkan pengalaman penulis yang berjualan jagung susu keju (jasuke) maka penghasilan harian yang didapatkan sebesar Rp 300 ribu. Keuntungan tersebut masih bersifat kotor. Sesudah dipotong biaya bahan baku dan karyawan maka keuntungan bersih perhari usaha jasuke sekitar Rp 150 ribu perhari.

Cara Memulai Bisnis Kuliner Dari Nol Yang Laris

source: pixabay.com

Berikut ini salah satu kelebihan dan keuntungan usaha berjualan kuliner makanan atau minuman yaitu usaha kuliner dapat dimulai dibuka dengan modal kecil. Usaha kuliner dalam bidang minuman atau makanan bisa dimulai dengan modal relatif minim. Modal yang diperlukan kurang dari satu juta rupiah.

Bagi anda yang melihat potensi keuntungan yang sangat besar dari bisnis kuliner mungkin anda tertarik dengan usaha minuman atau makanan. Namun bagi anda pemula terkadang merasa bingung untuk memulainya dari mana.

Cara Memulai Bisnis Kuliner Dari Nol Yang Laris

Berikut ini langkah-langkah memulai bisnis kuliner dari nol yang laris, antara lain:

1.Passion

Langkah pertama bagi anda yang tertarik untuk membuka bisnis kuliner adalah dalam diri anda mempunyai rasa cinta dan senang atau pasion terhadap usaha kuliner. Karena dengan rasa cinta yang anda miliki dalam bisnis kuliner maka akan membuat beban pekerjaan terasa ringan. Resiko kerugian bisa disikapi dengan baik dan tenang karena anda mempunyai rasa suka dan cinta pada bisnis kuliner yang anda jalani.

2.Menentukan produk kuliner yang mau dijual

Sikap passion yang anda miliki tidak cukup untuk memulai usaha kuliner yang anda rencanakan. Anda harus terlebih dahulu memilih produk kuliner apa yang mau anda jual. Penentuan produk kuliner yang mau dijual harus dipikirkan matang. Hal tersebut dengan mempertimbangkan tingkat persaingan, pangsa pasar dan daya beli masyarakat serta tingkat kelarisan.

BACA JUGA :  Mengupas Tuntas Apa yang Dimaksud Dengan Analisis Peluang Usaha

Berikut ini beberapa jenis kuliner yang paling laris di masyarakat Indonesia saat ini, antara lain: aneka gorengan. Seperti bala-bala, molen, dan pisang goreng. Sedangkan untuk produk kuliner yang lain adalah singkong keju crispy, pisang keju crispy, roti, martabak manis dalam ukuran mini dan besar, roti bakar, jagung susu keju (jasuke), bakso kemasan, donat, dan kuliner lain sebagainya yang merakyat dan populer di masyarakat.

Namun jika anda memilih membuka usaha yang bergerak dalam bidang kuliner minuman maka tak kalah banyak dengan bisnis makanan. Beberapa minuman yang bisa anda jual, antara lain: es minuman boba, minuman kopi waralaba atau mandiri, es cincau, es cendol, es krim, minuman thaitea, minuman susu, minuman cokelat, minuman teh dan lain sebagainya.

3.Ujicoba

Setelah anda menentukan produk kuliner yang terlaris yang mau anda jual maka berikutnya melakukan ujicoba untuk mendapatkan resep kuliner tersebut yang cocok dan terbaik. Dalam arti resep kuliner tersebut memang sangat enak dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat sekitar. Untuk masyarakat desa yang penting adalah produk kuliner dijual memiliki kualitas rasa sangat enak dan dengan harga murah dan banyak. Sedangkan bagi masyarakat kota yang penting rasanya enak. Kalau harga berapa pun siap dibeli.

  1. Membuat konsep usaha

Setelah anda menentukan produk kuliner yang mau dijual. Kemudian anda melanjutkan dengan menentukan bagaimana konsep usaha kuliner yang mau dijalankan. Dari mulai bagaimana konsep resep, cara penjualan, dll. Tentukan juga metode pemasaran yang mau dipergunakan. Karena anda bisa memasarkan produk kuliner anda secara keliling berjalan kaki, menggunakan gerobak maupun keliling menggunakan motor. Kemudian bisa pula memasarkan secara online maupun offline. Untuk online, anda bisa memasarkan makanan lewat Shopee Food, Grabfood, dan lain-lain.

BACA JUGA :  Contoh Usaha Yang Tidak Pernah Sepi Pembeli

5.Membuat alur usaha dan suplier

Dalam membuka usaha kuliner yang perlu dipikirkan sebelum usaha makanan dan minuman tersebut dimulai adalah anda mempunyai suplier. Suplier yang memasok bahan baku kuliner yang anda perdagangkan. Contoh jika anda buka usaha jasuke mempunyai suplier jagung, suplier mentega, suplier susu kental manis ataupun suplier keju. Anda tak akan kesulitan jika bahan baku kuliner Jasuke habis. Anda bisa membelinya di suplier langganan atau suplier cadangan. Pilihlah suplier yang memiliki harga termurah dan terpercaya dengan pelayanan yang baik.

6.Memantau pesaing

Hal yang tak boleh dilupakan dalam bisnis kuliner adalah memastikan anda selalu mengawasi pergerakan pesaing. Anda bisa melihat kelebihan yang dimiliki oleh pesaing dan kelemahannya. Misalkan menu yang lebih baru dan unik dari pesaing. Anda bisa bersaing atau meniru dan memodifikasi dengannya sebagai bagian dari cara memulai bisnis kuliner dari nol yang laris.

Leave a Reply

Your email address will not be published.