Contoh Lokasi Jualan Yang Strategis Untuk Usaha Makanan

By | March 30, 2022

Contoh Lokasi Jualan Yang Strategis Untuk Usaha Makanan – Berbagai cara dilakukan oleh orang untuk mendapatkan uang secara halal. Misalkan dengan menjadi karyawan, buruh maupun dengan berdagang. Untuk mereka yang memilih berdagang tentu ada banyak pilihan usaha dagang. Salah satunya adalah berdagang makanan.

Contoh Lokasi Jualan Yang Strategis Untuk Usaha Makanan

source: pixabay

Namun dalam berdagang makanan dibutuhkan lokasi yang tepat untuk jualan makanan. Karena itu akan mempengaruhi segi kelarisan. Misalkan usaha dagang makanan di pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lalang orang.

Cara yang mampu membuat usaha pinggir jalan anda sukses dan banyak pembeli adalah dengan memilih lokasi usaha yang tepat yakni di tempat yang strategis.  Karena hal itu akan mempermudah konsumen membeli barang yang diinginkannya secara cepat. Sebuah usaha yang laris dimulai dengan situasi harus banyak dikunjungi orang. Setelah itu sebagian orang mungkin menjadi pembeli atau tidak.

Ciri Ciri Lokasi Usaha Strategis

Berikut ini ciri-ciri sebuah lokasi strategis dan cocok dijadikan tempat usaha, antara lain:

-Gampang dilihat oleh banyak orang yang sedang berlalu lalang di jalan atau keluar rumah

-Lahan parkir yang luas dan gratis serta akses ke tempat tersebut yang sangat mudah dari berbagai sudut jalan

-Ijin usaha yang mudah diperoleh dari lingkungan sekitar tempat tersebut

-Banyak dilalui orang. Yang paling nyata dari tanda sebuah lokasi bisnis strategis adalah tempat tersebut banyak dilalui orang. Misalkan berada di pinggir jalan yang sering macet. Disamping itu, lokasi tersebut mempunyai tingkat persaingan usaha kuliner sejenis yang masih sangat rendah atau langka.

-Berada di sekitar target market yang anda inginkan. Sangat penting sebuah usaha terlebih dahulu menentukan pangsa pasar yang ditujunya. Banyak usaha mengalami kebangkrutan disebabkan kegagalan dalam menentukan target pasar yang dituju. Lokasi yang strategis bagi usaha kuliner makanan atau minuman adalah lokasi usaha yang berada di dekat pangsa pasar yang anda targetkan.

BACA JUGA :  Pengusaha Bengkel Motor Sukses Untung Rp 20 Juta

Tempat yang strategis untuk berjualan tentu menjadi rebutan para pedagang. Karena lebih cenderung laris manis berjualan di tempat tersebut. Beberapa orang menyewakan tempat strategis tersebut sesuai yang dikehendakinya. Beberapa orang yang membuka usaha makanan di tempat yang tak strategis atau lokasi yang sepi lalu lalang orang tentu akan membuat usaha sepi pembeli.

Contoh Lokasi Jualan Yang Strategis Untuk Usaha Makanan

Hal yang sering dipikirkan oleh mereka yang mau buka usaha kuliner makanan adalah dimana lokasi yang strategis untuk usaha berjualan makanan? Berikut ini beberapa pertanda atau contoh lokasi jualan yang strategis untuk usaha makanan, antara lain:

1.Berada di sekitar konsumen

Lokasi usaha yang strategis dan bagus untuk jualan adalah letak lokasi berada di dekat konsumen yang dituju. Misalkan anda menargetkan konsumen kalangan pelajar maka lokasi usaha yang strategis untuk usaha makanan adalah berada di sekitar sekolah. Anda bisa menargetkan pangsa pasar berdasarkan level penghasilan atau daya beli, umur dan jenis kelamin. Pendek kata lokasi jualan yang strategis untuk usaha makanan adalah tempat yang sering dilalui target market anda.

2.Gampang diakses

Contoh lokasi jualan yang strategis untuk bisnis makanan lainnya adalah gampang sekali diakses atau dijangkau oleh semua orang. Hal tersebut akan memudahkan konsumen untuk menjangkau bisnis anda dengan sangat mudah dan cepat. Sebaliknya jika lokasi usaha sangat tidak mudah dijangkau akan membuat konsumen malas membeli produk dari tempat anda.

3.Lahan parkir yang luas

Contoh lokasi jualan yang strategis untuk usaha makanan berikutnya adalah tempat yang memiliki lahan parkir yang luas. Dalam hal ini, lahan parkir bisa menampung mobil dan sepeda motor dalam jumlah banyak. Oleh sebab itu, jika anda ingin menyewa tempat usaha atau membangun lokasi usaha untuk jualan makanan maka pastikan anda membangun lahan parkir yang luas.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Ini Syarat Pinjam Uang di Bank BRI

4.Bangunan memadai

Berikutnya yang menjadi ciri dan contoh lokasi jualan yang sangat strategis untuk berdagang makanan adalah memiliki bangunan atau tempat usaha yang mempunyai lahan dan bangunan yang luas. Dalam hal ini, bangunan tidak terlalu sempit. Tapi bangunan cukup luas yang mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memanjakan konsumen. Pendek kata, tempat yang cocok dan strategis untuk usaha berjualan makanan adalah bangunan usaha yang memiliki luas yang mencukupi yakni tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit.

5.Bersebelahan dengan pesaing

Terakhir yang menjadikan sebuah tempat sangat strategis untuk buka usaha berjualan kuliner adalah tempat tersebut bersebelahan dengan pesaing. Pesaing disini bukan pesaing dalam produk yang sama. Tapi sama seperti dalam satu jenis usaha yakni produk kuliner.

Berdasarkan pengalaman, beberapa kali penulis mendapatkan konsumen dari usaha jasuke dari konsumen atau pelanggan usaha soto atau bubur ayam yang merupakan pesaing. Konsumen bubur ayam dan soto ayam seringkali melihat usaha disampingnya. Ketika mereka tertarik maka langsung membeli produk kuliner di sampingnya. Membuka usaha kuliner di samping pesaing yang laris manis merupakan contoh lokasi jualan yang strategis untuk usaha makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.