Resiko Usaha Beras Dan Keuntungan Jual Beras Per Kg

By | March 28, 2022

Resiko Usaha Beras Dan Keuntungan Jual Beras Per Kg – Dalam setiap usaha pastinya mempunyai resiko tersendiri. Begitu pula dalam bisnis beras mempunyai resikonya yang harus anda pahami jika ingin memulai usaha berjualan beras. Dengan mengerti akan risikonya maka akan memudahkan anda dalam mengantisipasi hal buruk dan kerugian yang mungkin bisa terjadi.

Resiko Usaha Beras Dan Keuntungan Jual Beras Per Kg

source:pixabay.com

Peluang usaha jualan beras merupakan peluang usaha yang sangat tepat bagi anda jalankan di saat pandemik. Salah satu kerabat penulis membuka usaha berjualan beras secara eceran dan karungan. Keuntungan yang didapatkan sangat kecil. Namun yang ditargetkan adalah kuantitas pembelian beras. Dengan pembelian beras yang banyak tentu saja keuntungan jual beras per kg menjadi sangat besar dan menjanjikan seiring dengan kuantitas pembelian yang banyak.

Satu orang bisa membeli beras sampai 10 kg bahkan lebih untuk anak dan keluarga besar serta sanak kerabat. Resiko bisnis beras harus dipahami oleh mereka yang benar-benar tertarik membuka bisnis beras. Sebelum paham cara menjalankan bisnis beras adalah memahami resiko kerugian usaha beras rumahan maupun bisnis beras grosir per karung.

Bisnis beras adalah bisnis yang tidak ada matinya. Usaha jualan beras untuk pemula maupun senior  mustahil tak laku. Bisnis beras pastinya akan laku keras. Karena termasuk jenis usaha sembako yang melayani kebutuhan pokok manusia yaitu beras. Beras sebagai bahan baku nasi yang merupakan makanan pokok orang Indonesia sehari-hari.

Resiko Usaha Beras Dan Keuntungan Jual Beras Per Kg

Salah satu kerabat penulis bernama Otik Busyairi pernah mempunyai pengalaman bisnis beras di rumah. Margin keuntungan sangat kecil. Namun hal itu semakin besar dengan banyaknya pelanggan. Pendek kata, keuntungan yang didapatkan dari usaha beras rumahan seiring semakin banyak pelanggan. Pelanggan yang datang berasal dari tetangga dan lingkungan sekitar.

BACA JUGA :  Tips Jualan Jasuke Dan Resiko Usaha Jasuke

Walaupun usaha beras dijalankan di pedesaan terpencil tetap saja sangat menguntungkan. Karena tidak setiap orang di desa mempunyai lahan sawah. Banyak orang di desa tidak mempunyai lahan sawah. Tapi kebutuhan terhadap beras menjadi kebutuhan utama setiap hari. Hal itulah yang menjadikan bisnis beras di kota maupun desa mempunyai prospek yang cerah.

Ada banyak contoh toko beras yang bisa anda temui di perkotaan maupun pedesaan terpencil. Sangat mudah di desa menjumpai toko beras. Sama halnya anda menjumpai toko beras di kota yang lebih sangat mudah ditemui. Bisnis toko beras di kota maupun di kampung terpencil biasanya digabungkan dengan usaha telor, warung sembako maupun jualan gas elpiji 3 kg.

Lalu bagaimana cara jualan beras untuk pemula ? tentu bagi pemula yang mau buka usaha toko beras perlu mempersiapkan biaya modal usaha jualan beras. Kemudian dilanjutkan dengan menguasai cara menghitung keuntungan beras. Langkah utama adalah anda terlebih dahulu menentukan sendiri berapa untung jualan beras yang mau anda dapatkan perkilogramnya.

Berikut ini beberapa resiko usaha beras, antara lain :

1.Tak mempunyai suplier dan kehilangan suplier

Resiko pertama dari bisnis beras yang anda jalani di rumah adalah resiko kehilangan suplier beras. Suplier beras yang anda percaya bisa mengalami bangkrut atau sebab lainnya. Oleh sebab itu, kunci utama untuk sukses bisnis beras adalah anda mempunyai akses suplier atau distributor beras yang terpercaya dan memiliki harga yang termurah.  Harga beras yang paling murah hanya anda dapatkan dari petani atau suplier.

Bagaimana mungkin anda bisa mendapatkan keuntungan besar dari bisnis beras jika anda tidak bisa mendapatkan akses beras murah dengan kualitas baik? Semua itu bisa anda dapatkan di suplier beras atau anda membeli beras di petani langsung.

BACA JUGA :  Bisnis Online Tanpa Modal Yang Cocok Untuk Pemula

2.Tak memahami pangsa pasar yang dituju

Resiko bisnis beras selanjutnya adalah anda tidak mengetahui pangsa pasar yang dituju dari bisnis beras anda. Dengan tak paham akan sasaran target market akan menyulitkan anda dalam meningkatkan penjualan. Berdasarkan pengalaman bisnis beras cenderung laris manis ketika anda menjalankannya di lingkungan perumahan yang padat penduduk. Untuk mulai melakukan penjualan beras maka anda bisa memulai dari target market terdekat. Misalkan sanak kerabat atau tetangga.

3.Busuk

Resiko besar lainnya dari usaha beras adalah beras yang disimpan terlalu lama bisa mengalami busuk atau kualitasnya menurun. Beras mempunyai daya tahan dalam jangka waktu tertentu. Oleh sebab itu, jangan terlalu menyimpan banyak stok beras. Anda yang jualan beras harus memastikan setiap hari terjadinya penjualan beras agar beras dapat berputar dan selalu dalam kondisi beras baru berkualitas baik. Pendek kata, salah satu resiko bisnis beras dengan beras mengalami pembusukan adalah resiko kerugian yang bisa anda alami.

4.Kompetitor

Resiko usaha beras yang perlu anda waspadai selanjutnya adalah adanya pesaing atau kompetitor di sekitar daerah anda. Hal tersebut tentu akan mengurangi keuntungan bisnis beras yang anda jalankan. Karena konsumen bisa memilih membeli beras di toko pesaing. Oleh sebab itu, sebaiknya anda membuka usaha toko beras di daerah yang masih jarang pesaingnya untuk memperkecil tingkat persaingan usaha beras.

5.Stok beras

Yang paling sering dialami oleh pengusaha beras pemula adalah kehabisan stok beras. Hal tersebut disebabkan karena mereka memilih menjual beras sebanyak mungkin tanpa mempedulikan stok yang ada. Pada akhirnya beras yang dimiliki stoknya kosong. Banyak kejadian seperti itu, justeru pengusaha toko beras menjadi rugi kehilangan pelanggan dan kadang  terpaksa meminjam beras kepada sanak kerabatnya untuk kebutuhan makan sendiri.

BACA JUGA :  Berapa Keuntungan Jual Kuota Internet. Peluang Usaha dari Rumah

Resiko usaha beras dan keuntungan jual beras per kg akan anda dapatkan jika anda benar-benar memilih untuk menekuni bisnis beras. Pastikan usaha beras dilakukan secara profesional, memiliki pelayanan yang baik dan konsep bisnis beras bisa dijalankan secara rumahan ataupun online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.