Resiko Usaha Siomay Dan Konsep Bisnisnya

By | March 28, 2022

Resiko Usaha Siomay Dan Konsep Bisnisnya – Bisnis siomay mempunyai tingkat persaingan yang sangat tinggi. Hal tersebut tidak membuat anda menjadi pesimis akan peluang bisnis siomay. Karena prospek bisnis siomay anda sukses masih berpeluang sangat besar. Mengingat pangsa pasar siomay sangat luas dan yang terpenting adalah soal rasa dan pemilihan bahan baku yang segar dan berkualitas terbaik sehingga menimbulkan aroma yang harum dan segar menggugah selera. Sebaliknya jika anda menggunakan bahan baku siomay yang tidak segar lagi akan menimbulkan aroma yang tak sedap dan bisa mengecewakan konsumen.

Resiko Usaha Siomay Dan Konsep Bisnisnya

source:pixabay.com

Adapun bahan baku pembuatan siomay ikan, antara lain : ikan tenggiri segar, udang, kembang tahu, bawang putih, wortel, udang cincang, garam, bawang merah, dan tepung sagu. Sedangkan bahan baku pembuatan saus bumbu kacang yang kental dan enak serta nikmat, antara lain: kacang tanah, jeruk limau, garam, gula, bawang merah, dan cabai merah.

Konsep Bisnis Siomay

Hal yang  juga tak kalah penting perlu dipikirkan adalah konsep bisnis siomay. Karena ada beberapa cara menjalankan bisnis siomay, antara lain :

1.Dagang keliling menggunakan gerobak, sepeda atau sepeda motor

Salah satu cara yang sering dilakukan orang dalam menjalankan bisnis siomay adalah memasarkannya menggunakan gerobak dorong keliling. Sebagian lagi ada yang menggunakan sepeda motor ataupun sepeda biasa.

2.Online

Cara lain yang banyak dipergunakan orang dalam bisnis siomay adalah menggabungkan antara sistem jualan di toko fisik yang strategis dengan jualan online melalui aplikasi pengantaran makanan online seperti Go Food. Atau bisa juga menggunakan media sosial sebagai sarana marketing dan pemasaran.

BACA JUGA :  Usaha Siomay Rumahan Yang Sukses Untung Rp 300 Juta

Target Pasar Siomay Dan Batagor

Setelah mempersiapkan peralatan usaha maka berikutnya anda menentukan siapa yang menjadi target utama dari bisnis siomay anda. Anda bisa menargetkan kalangan menengah ke bawah atau kalangan menengah ke atas. Penentuan target pasar sangat bermanfaat untuk memberikan patokan harga yang bisa diberikan disamping penentuan resep siomay yang tepat.

Untuk harga siomay dan batagor  per porsi berbeda-beda tergantung pedagang dan wilayah. Ada yang membanderol harga siomay atau batagor perporsi sebesar Rp 8 ribu sampai Rp 15 ribu. Namun ada lagi yang membanderol harga siomay perporsi sebesar Rp 5000 untuk pasar kalangan menengah ke bawah seperti pelajar, mahasiswa dll.

Untuk lokasi usaha siomay tentu saja anda mesti memilih lokasi yang berada di tempat strategis yang mudah dilihat dan dijangkau oleh konsumen. Dengan lokasi usaha siomay yang strategis akan memudahkan anda mendapatkan konsumen datang sendirinya ke kedai siomay anda.  Misalkan lokasi di dekat pusat kerumunan orang banyak, sekitar pasar, sekitar minimarket, pinggir jalan yang ramai lalu lalang orang, sekitar sekolah, sekitar kampus, dekat pusat perbelanjaan, dekat pusat perkantoran, tempat berkumpulnya orang dan lain-lain.

Setelah anda menemukan letak lokasi usaha siomay yang strategis tersebut berikutnya anda harus memastikan dari lokasi tersebut sangat jauh dari usaha pesaing yang membuka bisnis siomay yang serupa. Hal itu sesuai etika saja dalam berbisnis kuliner di pinggir jalan.

Resiko Usaha Siomay Dan Konsep Bisnisnya

Salah satu yang menjadi resiko usaha siomay adalah tingkat persaingan dalam bisnis siomay yang sangat tinggi. Hal tersebut membuat sebagian pelaku usaha siomay mengeluh dengan banyaknya pelaku usaha siomay hingga beberapa diantaranya memilih untuk menutup usaha siomaynya karena sepi pembeli.Resiko usaha siomay berikutnya adalah resiko dari bahan-bahan baku pembuatan siomay yang mengalami kenaikan harga. Misalkan kacang tanah untuk saus sambal kacang atau harga ikan tenggiri yang mahal.

BACA JUGA :  Tips Jualan Jasuke Dan Resiko Usaha Jasuke

Resiko dari bisnis siomay lainnya yang perlu diketahui bagi mereka yang mau terjun dalam bisnis siomay adalah resiko tidak lakunya siomay disebabkan beberapa faktor. Seperti rasa siomay yang kurang lezat sehingga tak disukai oleh konsumen. Dalam hal ini, kejadian ini kalau terjadi tentu sangat fatal karena akan membuat konsumen berpindah dan mencari penjual atau pedagang siomay lainnya yang memiliki rasa siomay yang  lebih enak.  Salah satu kunci sukses bisnis siomay adalah kualitas rasa yang enak yang bisa membuat konsumen menjadi pelanggan.

Kesimpulan

Salah satu peluang usaha dalam bidang kuliner yang tak pernah sepi pelanggan adalah usaha jualan siomay dan batagor. Kedua kuliner tersebut bisa digabungkan menjadi satu usaha karena bahan dasar pembuatannya yang sama dan bumbunya. Penggemar siomay dan batagor  hampir setiap orang dari kalangan anak-anak dan orang dewasa.  Apakah anda berminat dan siap menjadi pelaku usaha yang bisa menerima dengan resiko usaha siomay dan konsep bisnisnya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.